Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 4 Pematang Siantar T.A 2023/2024

Authors

  • Maria Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Benjamin Albert Simamora Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Herlina Hotmadinar Sianipar Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.135

Keywords:

lingkungan sekolah, disiplin belajar, hasil belajar

Abstract

. The results showed that: 1) there is a positive and significant influence of the school environment on student learning outcomes, this result can be seen in the t test where the t value is greater than the t table (5.60> 1.660). 2) there is a positive and significant effect of learning discipline on student learning outcomes this result is seen in the t test where the t value is greater than the t table (5.76 > 1.660). 3) the school environment and learning discipline together affect student learning outcomes this result can be seen in the F test where the calculated F value is greater than the F table (112.64> 1.60955). The coefficient of determination test is known to be 0.2304, which means that 23.04% of environmental variables and learning discipline affect the social studies learning outcomes of class IX UPTD SMP Negeri 4 Pematang Siantar students.

References

Dalyono, M, 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika

Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dimyati Dan Mudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah, 2013. Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Istiani Dan Puluangan Intan, 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Larispa.

Karwati & Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kompri, 2014. Manajemen Sekolah Teori Dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Naryanto, 2022. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Tengah. Eureka Media Aksara.

Parwanti Ni Nyoman, I Putu Pasek S., dan Ratih Ayu A. 2018. Belajar dan

Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Depok.

Purwanto, 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Slameto, 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Perkasa.

Andalucy, SS. Dkk. 2017. Disiplin Belajar Terhadap Akidah Akhlak. Vil 1 No 2.

Ansor, Zainur; Pratiwi, Vidya. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Di Mi Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Cendekia Pendidikan, [S.L.], V. 1, N. 1, P. 20-31, July 2022. Issn 2964-0997.

Euis Karwati, Dkk, Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional Yang inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi (Bandung: Alfabeta, 2014), 270.

Hendra, Dus dan Rijal Abdulah. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar pada mata Diklat Gamabr Teknik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Kota Solok. Journal of Civil Engineering and Vocation Eduaction. 5(4).2622-674

Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan, III, 1-14.

Nur Hanifah, Pengaruh Kenyamanan Lingkungan Sekolah terhada11Nur Hanifah, Pengaruh Kenyamanan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPA SDN 3 Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016(Ponorogo: INSURI Ponorogo, 2016).

Pamungkas, Adi, Noor dan Mustafidah, Hindayati. (2016). Analisis Kedisiplinan Belajar Mahasiswa dan Kehadiran Mahasiswa Terhadap Nilai Matakuliah Menggunakan Teori Kuantifikasi Fuzzy. Jurnal Sainteks. Vol.13 (1): 71-82.

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Lesson Study Untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27-32.

Peterria, V., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Cara Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan. Economic Education Analysis Journal 5, III, 860-873.

Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67-79.

Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal 7, I, 279-285.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Depublish.

Susanto, Ahmad. Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana, 2014.

Utami, Futri. 2017. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 10 Pontianak. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Diva Press.

Yana, Enceng, and Rizka P. Jayanti. "Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi." Edunomic, vol. 2, no. 2, 1 Sep. 2014.

Downloads

Published

2023-11-01