Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX Di UPTD SMP Negeri 4 Pematang Siantar T.P 2023/2024

Authors

  • Sonia Tamba Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Herlina Hotmadinar Sianipar Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Sotarduga Sihombing Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.136

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar

Abstract

The research results show that: 1) there is a positive and significant influence of emotional intelligence on student learning outcomes. This result can be seen in the t test where the calculated t value of emotional intelligence is 5.93 > t table value 1.660, which means this variable is significant. 2) there is a positive and significant influence of learning motivation on student learning outcomes. This result can be seen in the t test where the calculated t value of learning motivation is 5.60 > t table value 1.660, which means this variable is significant. 3) emotional intelligence and learning motivation together influence student learning outcomes. This result can be seen in the F test where the calculated F value is 123.06 > F table value 1.6107. The coefficient of determination test was found to be 0.25, which means that 25% of the emotional intelligence and learning motivation variables influence the social studies learning outcomes of class IX students at UPTD SMP Negeri 4 Pematang Siantar.

References

Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amin, S. Harianti, R. 2018. Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta: Deepublish.

Agustian. Ary, Ginanjar. 2003. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga.

Efendi, agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Goleman, Daniel. 2020. Emotional Interligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Istarani & Pulungan Intan. 2022. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Mediapersada.

Kompri. 2018. Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Sappaile, dkk. 2021. Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua & Minat Belajar Siswa. Makasar: Global RCI.

Sardiman. 2020. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Susanto, A. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wuwung, Olivia Cherly. 2020. Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional. Edited by Nurul Rachman. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Aldoko, W., Turi, O.,Ramly. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Asera. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 4(1).

http://ojs.uho.ac.id/index.php/JWKP-IPS/article/download/12077/8478

Anggraini, Irmalia Susi. 2005. Motivasi Belajar dan faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/39

Ariesta, Iche Chyntya Navy. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap kinerja Peternak Ayam Ras Pedaging. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol. 2 No. 2.

https://jbmp.umsida.ac.id/index.php/jbmp/article/view/1561

Audie, N. (2019, May). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Cahyo Tri Wibowo. 2015. Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spritual(SQ) pada Kinerja Karyawan Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 15, No.1.

https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/4108

Komarudin, A,S, 2020. Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Kewargaan Organisasional Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Daya Anugerah Mandiri Cabang Sungai Bahar) ( Doctoral Dissertation, Universitas komputer Indonesia).

https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4338/

Luwis, H. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Sekolah Maitreyawira Se-Sumatra. Dhammavicaya: Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 1-12.

http://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/dv/article/view/51

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2).

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/10304

Muhammad, C,.Moslem,.Komaro,M.Yayat. 2019. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Airraft Drawing SMK. Jurnal Ofmechanical Engineering Education, Vol.6, No.2.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21803

Nasution, M. 2018. Konsep Pembelajaran Matematika dalam Mencapai Hasil belajar Menurut Teori Gagne. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02).

http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/1280

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326-336.

https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/4106

Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139-150.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18238

Sitiman, H. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Kamboti Journal of Education Research and Development (KJERD), 1(1), 01-13.

https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/view/3343

Suci, A., Neldi, H., Syahrastani, S., & Zulman, Z. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri 17 Padang. Jurnal JPDO, 5(9), 34-40.

http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1135

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110

Syarifuddin, Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal TA’DIB.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/57

Wulandari, W., Burhanuddin, B., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(1), 140-155.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/k

Downloads

Published

2023-11-01