PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP POLA PERGAULAN SISWA SD NEGERI 07 LUBUK KELIAT

Authors

  • Ayu Feryatma UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Ayu Mutmainnah UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Ayu Ardila UIN RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1392

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Pola Pergaulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan sekolah terhadap pola pergaulan siswa di SD Negeri 07 Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu melaui wawancara secara langsung ke lapangan dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa pengertian dari pergaulan dan macam-macam pergaulan, masalah yang terjadi di lingkungan sekolah terhadap pergaulan siswa, dampak pengaruh lingkungan sekolah terhadap pola pergaulan siswa, dan cara mengatasi masalah dari pergaulan siswa di sekolah. Adapun beberapa masalah yang terjadi dalam pergaulan di lingkungan sekolah yaitu terjadinya bullyinng, merokok, dan berkelahi. Cara mengatasi dari masalah tersebut yaitu pertama, guru menciptakan suasana lingkungan yang baik. Kedua, peran orang tua untuk membuka komunikasi terhadap anak-anak mereka. Dan ketiga, peran guru dalam membeirkan contoh yang baik terhadap siswa disekolah.

References

Al Ubaidah, N., Zamhari, A., Janah, M., Yuniar, Y., & Sari, P. P. (2023). Lingkungan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1103-1108.

Alawiyah, M. A. (2018). Peran guru dan lingkungan sosial terhadap tindakan bullying siswa sekolah dasar. Joyful Learning Journal, 7(2), 78-86.

Edidarmo,Toto., dan Mulyadi. (2016). Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak Kelas XII. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

https://kbbi.web.id/gaul, Pada tanggal 17 Maret 2024 pukul 21.36 Wib.

Kompri, Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2017), h. 15.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005), Hlm. 120.

Masyur, Kahar. (1994). Membina Moral dan Akhlak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pembelajaran Multiliterasi di SD/MI untuk Menghadapi Era Society 5.0. (2022). (n.p.): Penerbit NEM.

Supramito. (2022). Modul Bimbingan Konseling Kelas XI. Media Nusa Kcreatif.

TURNIP, Endang Permata Sari; LUMBANTOBING, Minar; SIRAIT, Esti Marlina. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2022, 4.6: 3555-3562.

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Syntax Literate, 5(8), 555-564.

Downloads

Published

2024-05-22