Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa

Authors

  • Adinda Putri Ramadhanty Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amelia Amelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ayu Fatmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rahma Syafridatul Aini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Anita Dwi Kartika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ani Marlia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1507

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Krearivitas, Project Based Learning

Abstract

Aspek penting dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran yang beragam, menghargai perbedaan individu siswa, dan menyediakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan seperti ketidakmerataan sumber daya, perubahan pola pikir tradisional dalam pendidikan, dan perlunya melibatkan pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang mendorong kemandirian dan kreativitas siswa. Untuk mendukung kemandirian dan kreativitas siswa, pendidik dapat menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian literatur, dengan data dikumpulkan dari artikel ilmiah, jurnal, laporan penelitian, prosiding seminar, dan situs web yang relevan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam pendidikan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa secara mandiri dan berkelompok mengeksplorasi materi pelajaran dan menciptakan ide serta gagasan mereka. Hal ini sesuai dengan aspek penting Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran yang beragam dan menghargai perbedaan individu.

References

Ahmad, M. (2017). Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanaida Sakurai Indonesia (KANSASI) Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 51-72.

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADDIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Almini, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Project-Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 571-576).

Amrullah, S., Tale, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187-200.

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-Based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398- 408.

Arwizet, K. (2019). Improvement of Student Learning Outcomes through the Implementation of Collaborative-Think Pair Share Project Based Learning Model on Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012084

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Problem-Based Learning berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.

Chang, S. (2018). Impacts of an augmented reality-based flipped learning guiding approach on students’ scientific project performance and perceptions. Computers and Education, 125, 226–239. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.007

Choi, J. (2019). How does learner-centered education affect teacher self-efficacy?The case of project-based learning in Korea. Teaching and Teacher Education, 85, 45–57. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.005

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Walcana Didaktika, 4(2), 193-200.

Guo, P. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Joko. (2022). Development of IoT-Based and Project-Based Learning Human Machine Interface Learning Media to Improve Ability, Innovative Behavior, and Skill of Industrial 4.0 and Society 5.0 Students. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(99), 281–296. https://doi.org/10.14689/ejer.2022.99.017

Kemaloglu-Er, E. (2019). Project-Based and ELF-Aware Pre-Service Teacher Education in Turkey: Sample Cases of Discovery, Creativity, Interaction, and Multilingual and Multicultural Diversity. Project-Based Learning in Second Language Acquisition:Building Communities of Practice in Higher Education, 82–98. https://doi.org/10.4324/9780429457432-6

Khusna, N. I. (2022). New Technologies for Project-Based Empathy Learning in Merdeka Belajar (Freedom to Learn): The Use of inaRISK Application and Biopore Technology. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 94–

https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36153

Lestari, A. S. (2019). The Development Of Web Learning Based On Project In The Learning Media Course at IAIN Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 39–52. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.2909

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 878—881.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa melalui Pendidikan Karakter.

Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 2-19.

Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinaat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

Santyasa, I. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a

Sari, E. D. P. (2023). Assessment of Students’ Creative Thinking Skill on the Implementation of Project-Based Learning. International Journal of Language Education, 7(3), 414–428. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.38462

Shulhan, M. (2019). Effect of authentic leadership on academic atmosphere and organizational culture in Indonesian Islamic higher education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(2), 406–419.

Sormunen, K. (2020). Maker-Centered Project-Based Learning in Inclusive Classes: Supporting Students’ Active Participation with Teacher-Directed Reflective Discussions. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(4), 691–712. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09998-9

Suhendri, Huri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Trishchenko, D. A. (2018). Experience of project-based learning: An attempt at objective analysis of results and problems. Obrazovanie i Nauka, 20(4), 132–152. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2018-4-132-152

Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.

Waluwu, E. W., & Waluwu, E. (2023). Pemanfaatan Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 1(2), 98-112.

Widya, S. (2011). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS SD Melalui Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan, 13(1), 2-20.

Yusuf, R. (2020). Critical Thinking and Learning Outcomes Through Problem Based Learning Model Based on LBK application. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 907–918.

Downloads

Published

2024-05-30