Peran Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Keselarasan Antara Pendidik Dengan Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1514Keywords:
Guru, Kurikulum Merdeka, Keselarasan, Siswa, Sekolah DasarAbstract
Kurikulum merdeka adalah metode pendidikan yang menekankan pemberdayaan siswa melalui pemberian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan situasi dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kurikulum merdeka berkontribusi pada meningkatkan hubungan antara guru dan siswa di sekolah dasar. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan metode random sampling digunakan untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Ada 30 orang yang menjawab, termasuk para pendidik, orang tua dari peserta didik, dan anggota masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka ini memiliki kemampuan untuk mengubah hubungan antara pendidik dan peserta didik di sekolah dasar menjadi lebih baik. Studi ini menunjukkan bahwa 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum merdeka dapat membawa pengaruh positif pada hubungan pendidik dan peserta didik karena kurikulum ini memungkinkan sekolah untuk melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pendidikan dan memperkuat ikatan antara pendidik dan peserta didik. Selain itu, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran kurikulum merdeka dalam mengatur hubungan pendidik dan peserta didik di sekolah dasar.
References
Darmawan, I. G. N. W. (2021). "Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kolaborasi Antara Sekolah dan Masyarakat". Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-11
Dewi, A. (2023). “Peran Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Keterampilan Lokal pada Pendidikan Dasar”. Jurnal Pendidikan Lokal, Vol. 4. No 2.
Fitriani, S. (2023). “Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Partisipasi Masyarakat” dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Masyarakat, Vol. 10. No 1
Sari, Y. A., & Nugraha, I. G. A. B. (2022). "Peningkatan Harmonisasi Antara Sekolah dan Masyarakat Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas". Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 11(1), 78-89.
sugiyono. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. alfabeta, 2018.
Sulistiyo, H. B., dan Dwiyogo, W. (2022). "Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kepuasan Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi". Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 240-248.
Suryadi, Dedi, dan Wahyudin, U. (2021). "Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 69-78.
Wulandari, N. K., & Sudira, I. B. G. (2022). "Penguatan Hubungan Antara Masyarakat dan Sekolah Melalui Kurikulum Merdeka". Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 115-126.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.