Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang pada Transportasi Online Maxim

Authors

  • Galih Valentino Aji Universitas Pembangunan Jaya
  • Handito Lava Daenova Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.162

Abstract

This research aims to determine the influence of service quality on repurchase intention of Maxim online transportation among students at Universitas Pembangunan Jaya. The study employs a quantitative method utilizing SPSS 25 software for hypothesis testing. Measurement instruments in the form of interval scales are used in this research, requiring respondents to express the influence of service quality on repurchase intention when using Maxim through Likert scales. Data collection employs judgmental sampling with a sample size of 150. The results of this research indicate that service quality has a positive influence on the repurchase intention of Maxim online transportation among students at Universitas Pembangunan Jaya..

References

Aziah, A., & Rabia, P. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala, 18 (2), 149-156. Retrieved from doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Faradisa, I., H, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian. Journal of Management, 2(2), 1–13. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/517/503

Garvin, D.A. 2000. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting . Jakarta. Free Press. Edisi III.

Gozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Perogram IBM SPSS 19, Edisi Lima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40-52.

Kotler, Philip. dan K.L. Keller.2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta : Penerbit ErlanggaKotler, Philip. dan K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Marsono, M., Sudarmanto, S., Wasiati, H., & Nasyuha, A. H. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Manajemen Pemilihan Aplikasi Jasa Transportasi Online Menerapkan Metode ROC dan WASPAS. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 5(1). https://doi.org/10.47065/bits.v5i1.3613

Pandega Ricky Andika, Rauly Sijabat, & Ika Indriasari. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Semarang). Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(1), 17–33. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.78

Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 20(1), 29–39.

Prastyaningsih, A. S. (2014). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention (Niat Membeli Ulang)(Survei pada Konsumen KFC di Lingkungan Warga RW 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Riyadi Putra, Y. W., Nur Styaningsih, F., & Herviana, W. H. (2022). Analisis Perkembangan Transportasi Online di Indonesia di Era 4.0 Dengan Metode Penelitian Deskriptif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 162–170. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.389

Sugiyono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Edisi Keenam. Jilid 2. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, E., Gustopo Setiadjit, D., & Budiharti, N. (2021). Penilaian Terhadap Layanan Jasa Transportasi Online di Indonesia Melalui Gap Service Quality dan Dampak pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 7(1), 19–24. https://doi.org/10.36040/jtmi.v7i1.

Downloads

Published

2023-10-01