PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 124385 P.SIANTAR T.A 2024/2025

Authors

  • Ramson Butar Butar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Osco Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2725

Keywords:

learning model,environment-based,learning outcomes

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of the environment-based learning model on the science and science learning outcomes of class IV students at state elementary school 124385 p.siantar T.A 2024/2025. This type of research is quantitative research using experimental methods. The type of research used is pre-experimental using a One Group Design Pretest-Posttest design. Hypothesis test results with a significance level of = 0.05 and an rtable of 1.426, tcount of 13.716. Thus tcount > rtable 13.716 > 1.426P), it can be concluded that there is an influence of the environment-based learning model on the science and science learning outcomes of fourth grade students at state elementary schools 124385 P.Siantar T.A 2024/2025

References

Andryani, (2020). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Amaliah.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Penanaman Sikap Ilmiah Pada Materi Ipa Tumbuhan Hijau Murid Kelas V Sd Inpres Galangan Kapal Iv Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

Dasopang.2017. Belajar dan Pembelajaran. Vol 3. No 2. Padang Sidempuan.

Fedi, Sebastianus, Maria Helena Ose Blikololong, and Eufrasia Jeramat. "Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Pokok Bahasan Segi Empat Semester Ii Smpk mmaculata Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019”." JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 4.2 (2020): 91-98.

Frandy Pratama (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter, Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Indra, A. B. (2020, October). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Peningkatan Keseimbangan Dinamis Siswa

Indiarti, Maysintia. "Pengaruh Model Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar (2021)

Jurnal Ecogen, 6(2), 234-243 Helmiati.2012. Model Pembelajaran.Yogyakarta.AswajaPresindo.

Juariyah, Yuswar Yunus. "Djufri.“Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta.”."

Jurnal Biologi Edukasi 6 (2014).Karyadi, (2012:1) Model pembelajaran berbasis lingkungan.

Latief, Abdul. "Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik di smk negeri paku kecamatan binuang kabupaten polewali mandar." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 7.1 (2016): 13-26.

Nadiroh, Ayun, and Agus Susanto. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012." BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 3.2 (2012).

Parhusip, Jenti Saswita. "Pengaruh Penggunaan Model Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Onanrungu Pada Mata Pelajar Ekonomi Tahun ajaran 2018/2019." (2018).

Patta Bundu. (2006:17). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 50 Lassang 1 Kabupaten Takalar..

Pulungan, Intan Dan Istirani. 2021 Ensiklopedia Pendidikan Jilid 1. Ed.2. Medan : Mediapersada.

Purwanto (2011:44). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (Pbb) Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 01 Tridarma Wirajaya. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 3(1).

Priansa (2017:188). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403-414.

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (society 5.0 dan revolusi industri 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 1117-1125).

SIDIQ, N. M. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Ilmu Pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuh 03 Kabupaten Sukaharjo Tahun Pelajaran 2022/2023-1952000028 (Doctoral dissertation, Universitas Veteran Bangun Nusantara).

Saefuddin & Berdiati (2014:48). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. PANDAWA, 3(1), 119-128.

Setiawan, Eko. 2018. Pembelajaran Tematik Teoritis Dan Praktis , Jakarta : Erlangga.

Siti. (2016:112-113). Pembelajan Tematik Berbasis Lingkungan sekitar. DI.

Sudjana, N., (2005), Metode Statistika, Bandung : Penerbit Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : ALFABETA

Triwiyanto. (2014 23-24) "Pengantar pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara." Jurnal IlmiahPendidikan Dasar.

Rika Fathul Barkah Maharanih Widiawati Yulistina Nur Ds, M.pd

Buku IPAS Kleas IV

Wuryastuti, Sri, and Ima Ni'mah. "Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan UntukMeningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas." EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 5.

Zambroni (2014:28). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).

Downloads

Published

2024-10-23