Implementasi Pembinaan Kerohanian Tahfiz Al-Qur’an untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2729Keywords:
pembinaan kerohanian, Tahfiz Al-Qur'an, perilaku menyimpang, anak binaan, LPKAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembinaan kerohanian Tahfiz Al-Qur'an dalam mengurangi perilaku menyimpang anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan Tahfiz Al-Qur'an berdampak positif pada perubahan perilaku anak binaan. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur'an, tetapi juga membantu memperkuat karakter dan disiplin mereka. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan jumlah pengajar dan rendahnya kemampuan awal anak binaan dalam membaca Al-Qur'an, program ini tetap menunjukkan efektivitas dalam mengurangi perilaku menyimpang. Pembinaan kerohanian Tahfiz Al-Qur'an terbukti mendukung proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial anak binaan ke masyarakat.
References
BUKU:
Creswell, John W. Edisi Ketiga Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.
Creswell, John W. (2009). Third Edition Research Design Qualitative, Quatitave, and Mixed Approaches. University Of NebraskaLincoln.
David C. Korten dan Sjahrir (1988) Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Fauzi, Ahmad dkk. (2022). Metodologi Penelitian. Jakarta: Pena Persada.
Gulo. W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Hikmawati, Fenti. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Locke, Edwin A, Shelley Kirkpatrick, Jill K. Wheeler, Jodi Schneider, Kathryn Niles, Harold Goldstein, Kurt Welsh, Dong-Ok Chah (1991), The Essence of Leadership, The Four Keys to Leading Successfully, Lexington Books, New York.
Raco, dkk.(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo. Subadi, Tjipto. (2008). Sosiologi. Surakarta : BP-FKIP UMS. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahza, Almasdi. (2021). Metodologi Penelitian Edisi Revisi Tahun 2021. Pekanbaru: UR Press. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan 81.
Moeljatno, Azas-Azas Hukum Pidana (Bina Aksara 1985). Suardi. Sosiologi Komunitas Menyimpang. Yogyakarta: Writing Revolution, 2018 Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd edited by M. Dr. Ir. Sutopo S.Pd. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
KARYA ILMIAH
Adiba, Dima Aulia; Wibowo, Padmono. (2023). Strategi Pembinaan Kerohanian Islam Di Lembaga Pemasyarakatan Melalui Program One Day One Ayat. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas.
Mukorrobin, R. (2022). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 24(2), 668-676. (Tambunan & Anwar, 2022).
Hayati, Mardiyah. (2019). Pembinaan Moral Keagamaan Dan Implikasinya Terhadap Perubahan Perilaku Narapidana Di Blok Melati LP Kelas II A Kota Mataram. Jurnal Ibtida’iy.
Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1.
Sunardin, S. (2021). Manusia membutuhkan agama di masyarakat. Misykat Al- Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat.
Tambunan, Yuan Nikola; Anwar, Umar. (2022). Optimalisasi Program Pembinaan Kerohanian Bagi Anak Kasus Pelecehan Seksual Di LPKA Kelas 1 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 10 No. 2.
Tamsil, Mahmuddin; Tike, Arifuddin. (2022). Penerapan Bimbingan Rohani Islam terhadap Narapidana Narkoba di Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Kabupaten Politeknik Ilmu Pemasyarakatan 83 Sinjai. Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
Arijulmanan, A. (2018). REVITALISASI SYARIAH ISLAM SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MANUSIA. Al Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial.
Nurjannah, N., & Khatimah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan).
Nuri, M. Z. (2021). Penyimpangan Sosial Dalam Surat Al-Humazah. 8. Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak Pergeseran Peran Dan Fungsi Keluarga.
WEBSITE:
Editor. (2023). Mengenal Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Apa Bedanya LPKA dengan Penjara Dewasa? https://era.id/news/120286/mengenal-lembaga-pembinaan-khusus-anak .
Editor. (2024). Jumlah Anak Binaan Seluruh Indonesia. https://sdp.ditjenpas.go.id/sdp_upt/Welcome Bengkulu today. (2024). https://www.bengkulutoday.com/lpka-bengkulugelar-sekolah-%20mandiri-merdeka-kelas-al-quran .
PERUNDANG-UNDANGAN
UU No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 Ayat (1) Menyebutkan Bahwa Setiap Warga Negara Berhak Mendapat Pendidikan, Dan Ayat (3).
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 Ayat (1) Menyebutkan Bahwa Setiap Warga Negara Berhak Mendapat Pendidikan, Dan Ayat (3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.