PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA TAMAN SISWA PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Darazatin Husni Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anton Luvi Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tumpal Manahara Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2754

Keywords:

Learning Facilities, Interest in Learning, Learning Outcomes, Education, Economy

Abstract

This research aims to analyze the influence of learning facilities and interest in learning on the learning outcomes of class XI IPS students in the Economics subject at Tamansiswa Pematangsiantar Private High School. Based on observations, the learning facilities at this school are quite adequate, but student learning outcomes are still not optimal, with only 41.85% of students achieving scores above the Minimum Completeness Criteria (KKM) set at 78. This shows that there are other factors that influence learning outcomes, one of which is students' interest in learning which needs to be improved. The research method used is quantitative by collecting data through questionnaires distributed to students. Data analysis was carried out to test the hypothesis regarding the significant influence of learning facilities and learning interest on student learning outcomes. It is hoped that the results of this research can provide deeper insight into the factors that influence student learning outcomes and provide recommendations for improvements in the learning process at Tamansiswa Pematangsiantar Private High School. Thus, it is hoped that this research can contribute to efforts to improve the quality of education through developing learning facilities and increasing students' interest in learning.

References

Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologis Pendidikan, Semarang Unnes Press.

Amalia, M. (2017).pengaruh motivasi belajar, budaya sekolah,dan gaya belajar terhadap pretasi belajar siswa SMP metta maitreya pekanbaru. Pekbis jurnal, vol 9 No. 2, 114-124.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: RinekaCipta.

Bahrudin, E. (2019). Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar.vol 9, no.1

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 01(02), 1–20.

Darmawati, J. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sma negeri di kota tuban. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 1(1), 79.

Diana, k. (2016). Pengaruh fasilitas belajar dan teman sebaya terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN yogyakarta III Tahun pelajaran 2015/2016. Yogyakarta.pdf.

Hamalik. Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lela, C. DKK, E. (2016). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.PDF

Muhkibin.Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muzdalifatuz, j. (2017). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika. Malang.pdf.

Noviana. (2014).Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa program keahlian apk di SMK Taruna jaya gresik. Vol 2. No 2 (2014).

Prastiwi Y. (2014). Pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas xi maal asror kota semarang.vol 3. No 1 (2014). economic education analysis journal.

Raymondus L, dkk. (2018).pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas x SMA Santo fransiskus Asisi Fontianak. Journal pendidikan Vol 7. No 7.

Rarna, k. (2019). Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001. Samarinda Utara.pdf.

Slameto. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno. Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksana, P. (2012). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012. 1, 60. https://eprints.uny.ac.id/6797/1/Pekik Wicaksono.pdf

Yuliani, P. (2015). Pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kellas, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas xi MA Al-asror kota semarang. Vol 3 no.1 (2014); economic education analysis journal.

Downloads

Published

2024-10-28