PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Geovani Malinda Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar T. Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Jon Roi Tua Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2756

Keywords:

Learning model, role playing, learning outcomes

Abstract

This research aims to determine the effect of the role playing learning model on the Pancasila education learning outcomes of class V UPTD students at SD Negeri 122365 Pematangsiantar. This research uses a quantitative research method with "Pre-Experimental Design". One group pre-test post-test form was carried out at UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar on class V students with a population of 24 students and a sample of 24 students. This data collection technique uses tests twice, namely pretest-posttest. The data was processed using statistical analysis techniques, from the results of data analysis a significant level of 0.00 < probability (0.05) and tcount = 29.00 > ttable = 1.71 were obtained. So it was concluded that Ho was rejected and Ha was accepted, which means "There is an influence of the Role Playing learning model on the Pancasila Education Learning Outcomes of Class V UPTD Students at SD Negeri 122365 Pematangsiantar".

 

References

Acesta, Arrofa. "Penerapan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1.2 (2014): 96-106.

Arifin, Ari Rizqi Ridwan. (2019) “Pengaruh komunikasi, disiplin kerja, dan pengawasan kerja terhadap kinerja karyawan pt prima usaha era mandiri di surabaya”. Diss. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Ayunda, D., Lumbantobing, M., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Manusia di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5691-5701.

Dimyanti & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, Riza. (2019) "Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat”.

Fitri, Ridha Ahsanul, Fachri Adnan, and Irdamurni Irdamurni. "Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5.1 (2021): 88-101.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Harefa, D. (2020, July). Perbedaan Hasil belajar fisika melalui model pembelajaran problem posing dan problem solving pada siswa kelas X-MIA SMA swasta kampus telukdalam. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang.

Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Rahmawati, A. P., & Puspasari, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(2), 227-240.

Rochmania, T. R. (2012). Hasil Belajar Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pemanfaatan Internet Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sianturi, Y. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222-231.

Thesalonika, E., Sinaga, M. I., & Arent, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPS Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mahasiswa PGSD. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), 137-146.

Turnip, E. P. S., Lumbantobing, M., & Sirait, E. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 3555-3562

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 179-190.

Wulandari, I., & Irmayanti, R. (2019). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(4), 125-137.

Downloads

Published

2024-10-28