Pengaruh Teman Sebaya Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX DI SMP Negeri 6 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.278Keywords:
Peers, Learning Environment, Learning AchievementAbstract
This study aims to obtain knowledge about the influence of peers and the environment on the learning achievement of grade IX students of SMP Negeri 6 Pematang Siantar for the 2023/2024 school year. This type of research is qualitative research with a quantitative descriptive data analysis approach with the testing media used is SPSS 24. The total population in this study was 223, and the sample used was 142 people. The sampling technique used is simple random sampling. The data collection technique used is a questionnaire (questionnaire). The hypothesis data collection technique uses multiple regression analysis and coefficient of determination (R2).
References
BUKU
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani & Pulungan. (2015). Ensiklopedi Pendidikan Prestasi belajar. Medan: Mediapersada.
Rachmawaty dan Maryana. 2013. Pengelolaan lingkungan belajar. Medan: Prenada Media.
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. PT. Bumi Aksara.
Slamet Santosa. (2006). Dinamika Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, Elita. (2015). Hubungan Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 110/1 Tenam Kabupaten Batanghari. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Yasa, D. (2008). Aktivitas dan Prestasi Belajar. Jakarta: Depdiknas.
JURNAL
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10.
Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh gaya mengajar guru, disiplin belajar, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.
Asih, S. S., Setyaningsih, K., & Murtopo, A. (2022). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Perilaku Sosial Pada Anak Usia 4-6 Tahun di RA An-Naba Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 712-727.
Astuti, D. I. (2016). Pengaruh pergaulan kelompok teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis.
Azizah, F. N., Wahyudin, A., & Suhandini, P. (2017). Peran self regulation dalam memoderasi pengaruh pola asuh keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Primary Education, 6(1), 65-70.
Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75-84.
Hamzah, F. (2020). Hubungan antara pengaruh teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 301-308.
HIDAYATA, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Bahan Ajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Matakuliah Ekonomi Makro (Doctoral dissertation, universitas jambi).
Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387.
Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85-94.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.
Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Subagia, I. M. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan prestasi belajar ipa siswa kelas x ap 5 smk negeri 1 amalapura i. Pendahuluan tahun ajaran 2016/2017. Lampuhyang, 8(2), 14-25.
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam. Edukasi, 16(2), 294585.
Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-50.
SKRIPSI
SITANGGANG, M. M. P. R. (2022). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TA 2021/2022.
Wardani, F. P. (2015). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Belajar, dan Disiplin Belajar Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi program studi pendidikan akuntansi jurusan pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta.
Arif, I. N. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Murid SD Inpres Bisara Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.