Analisis Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 1 Jabung Gantiwarno
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2786Keywords:
Problematika Kurikulum,Pendidikan di Indonesia, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan merupakan hal yang utama dan menjadi prioritas di setiap negara dengan pendidikan yang baik dan berkualitas negara akan mendapatkan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan dapat menjadi faktor penting untuk memutus rantai kemiskinan. Namun permasalahan pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan mengenai kurikulum. Pergantian kurikulum yang terus dilakukan dengan adanya pergantian mentri pendidikan, probelematika sudah mulai dirasakan baik dari guru maupun kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji problematika penerapan kurikulum merdeka di SDN 1 Jabung Gantiwarno, untuk metode yang digunakan yaitu dengan jenis pendekatan kualitatif. Setelah di lakukan penelitian guru mengalami beberapa problematika dalam proses penerapannya.
References
Anjeliani, S., Yanti, L. D., Aisyah, S., Saputra, M. R., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 294–302. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.416
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., Putri, B. P., & Nur, H. (n.d.). LITERATURE REVIEW:PROBLEMATIKA KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA.
Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. . . Oktober, 4(2).
Roos M. S. Tuerah, J. M. T. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10047903
Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. 08.
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.