PERANCANGAN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA IKLAN BERBASIS APLIKASI CANVA PADA KOPI PROBIO+ MALANG

Authors

  • Anacitta Shafa Firrizqi Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Fauzi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.371

Keywords:

Media Iklan, Desain Feed, Instagram

Abstract

Desain feed Instagram merupakan salah satu faktor yang dapat menarik calon konsumen melalui media sosial, khususnya Instagram. Desain feed Instagram menjadi hal yang penting bagi Kopi Probio+ untuk membantu beriklan. Sebelumnya Kopi Probio+ hanya mengunggah foto dan beberapa informasi mengenai produk di Instagramnya sehingga kurang menarik perhatian calon konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain feed Instagram dengan menggunakan aplikasi Canva Pro agar lebih terorganisir dan informatif.

Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang meliputi beberapa prosedur penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Terdapat 15 responden yang terdiri dari 1 orang pemilik usaha, 2 orang ahli pemasaran, 2 orang ahli komputer, dan 10 orang calon konsumen. Penelitian ini menggunakan metode EPIC untuk mengukur efektivitas desain (Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication).

Hasil penelitian ini melalui 2 siklus dan menunjukkan nilai EPIC Rate sebesar 4,5. Hal ini menunjukkan bahwa responden setuju bahwa desain Instagram feed sangat efektif untuk digunakan sebagai media iklan Kopi Probio+.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah desain feed Instagram dapat dikatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam membantu mengembangkan bisnis Kopi Probio+ dan menjadi alternatif media periklanan. Diharapkan Kopi Probio+ dapat melanjutkan pembuatan desain feed Instagram dan memperbarui informasi secara rutin agar dapat menarik calon konsumen.

References

Cat, N. (2022). Instagram Users in Indonesia. Retrieved Januari 29, 2023, from NapoleonCat.com: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/12/

Durianto, D. (2003). Invasi Pasar Dengan iklan yang Efektif. Jakarta:Erlangga.

Enterprise (2021). Desain Grafis dengan Canva untuk Pemula. Jakarta : Gramedia.

Fardhiyani, A. R., & Arjo, T. R. (2022). Pembuatan Konten Instagram Story Menggunakan Canva Sebagai Media Promosi Untuk Menarik Minat Beli Konsumen AMDK MAAQO. Jurnal Aplikasi Bisnis, 109-114.

Haq, S. A., & Patria, A. S. (2022). Perancangan Template Feed Instagram Sebagai Media Promosi Café Ulala (Unesa Learning Laboratory) Surabaya. Jurnal Barik, 30-45.

King, K. N., & Paramita, E. L. (2016). Foodstagram Endorsement And Buying Interest In Café/Restaurant. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 100-110.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Megandini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 69-81.

Nasrullah, R. (2020). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rachmaniar, D. N., et al. (2022). Pengaruh Desain Kemasan dan Feed Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Menggunakan Metode Regresi Logistik Biner. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 1-8.

Riyanto, A. D. (2022, Februari 15). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2022. Retrieved Januari 21, 2023, from andi.link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Salsabila, N. P., & Haryanto, J. O. (2021). Influence of Instagram Contents Towards Buying Food Products Interest on Instagram (A Case Study of Buying Interest Through Through Professional Chef’s Instagram Post on President University Students). Journal Research in Management and Accounting, 11-23.

Salsabillah P.M, N. (2020, September 3). Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Instagram Feed. Retrieved Desember 19, 2022, from redaksi.pens.ac.id: https://redaksi.pens.ac.id/2020/09/03/hal-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembuatan-instagram-Feed/

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran. Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2023-12-10