Analisis Perbandingan Penerimaan Teknologi Metaverse antara Generasi Z dan Milenial di Indonesia Menggunakan Metode UTAUT2

Authors

  • Depo Sadrila Hadi Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4317

Keywords:

teknologi metaverse, generasi z, milenial, metode UTAUT2

Abstract

Evolusi cepat teknologi Metaverse menghadirkan kesempatan baru sekaligus persoalan terkait adopsinya oleh publik, utamanya di Indonesia. Riset ini dimaksudkan untuk menyelidiki faktor-faktor penentu keinginan berperilaku serta penggunaan aktual teknologi Metaverse, dan juga mengkontraskan dampak faktor-faktor tersebut antara kelompok Generasi Z dengan Milenial di Indonesia. Landasan teori penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Sebuah metode kuantitatif dilaksanakan via penyebaran kuesioner online kepada 300 partisipan (masing-masing 150 dari Generasi Z dan Milenial) di Indonesia yang setidaknya mengetahui atau pernah memakai Metaverse, diseleksi menggunakan purposive sampling. Pengolahan data memakai Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk validasi hipotesis dan Multi-Group Analysis (MGA) untuk komparasi antar-generasi. Hasil riset mengindikasikan bahwa Ekspektasi Kinerja, Motivasi Hedonis, serta Kebiasaan memiliki pengaruh penting terhadap Intensi Penggunaan pada kedua kohort generasi. Meskipun demikian, teridentifikasi disparitas signifikan: Milenial lebih dipengaruhi oleh Ekspektasi Usaha dan Nilai Harga, sedangkan Generasi Z lebih kuat dipengaruhi oleh Pengaruh Sosial. Studi ini menyumbang pada pengetahuan tentang penerimaan teknologi lintas generasi dan menyajikan implikasi aplikatif untuk formulasi strategi adopsi Metaverse di konteks Indonesia.

References

Ahmad, A., & Gata, W. (2022). Sentimen analisis masyarakat Indonesia di Twitter terkait metaverse dengan algoritma support vector machine. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 6(4), 548-555.

Dianaris, A. A., Pramana, E., & Budianto, H. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-learning untuk siswa SMA di Indonesia dengan menggunakan extended technology acceptance model. Journal of Information System, Hospitality and Technology, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.37823/insight.v4i01.179

Firmansyah, W., Sutabri, T., Yanti, D. D., & Pratiwi, N. A. (2024). Analisis peluang dan tantangan pemanfaatan metaverse sebagai pemasaran digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 1009-1016.

Hadi, D. S., Jentama, G., Adisty, M. H., & Sutabri, T. (2023). Transformasi teknologi digital dalam keamanan dan privasi pada institusi BUMN. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(7), 97–107. https://doi.org/10.3785/kohesi.v1i7.750

Hadi, D. S., Jentama, G., Adisty, M. H., & Sutabri, T. (2024). Aspek keamanan dan privasi dalam lingkungan metaverse. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.3785/kohesi.v2i2.1679

Puteri, A. D., Utomo, P. E. P., & Arsa, D. (2023). Evaluasi penerimaan teknologi metaverse pendekatan teori UTAUT (Studi Kasus: Pojok Statistik Virtual). INSIGHT: Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 5(2), 86-94.

Ratnaduhita, A. K., Nadiah, & Sudianto, Y. (2023). ISO/IEC 25010: Analisis kualitas sistem e-learning sebagai media pembelajaran online. Journal of Information System, Graphic and Hospitality Technology, 5(1), 8–20.

Sekhanya Dharmaputra, E. F. Y. G., Primasari, C. H., Sidhi, T. A. P., Wibisono, Y. P., Setyohadi, D. B., & Cininta, M. (2023). Analisis user interface (UI) dan user experience (UX) sudut elevasi pemukul gamelan metaverse virtual reality menggunakan user centered design (UCD). JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(1), 137-146.

Succi, M. J., & Walter, Z. D. (1999). Theory of user acceptance of information technologies: An examination of health care professionals. In Proceedings of the 32nd Annual Hawaii International Conference on Systems Sciences (HICSS-32) (pp. 1–7). IEEE Computer Society.

Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Penerbit Andi.

Sutabri, T. (2024). Evaluasi Aplikasi Terpadu Satu Pintu dalam Metaverse dengan Pendekatan ITIL V3 untuk Meningkatkan Pelayanan Digital pada PT Fiber Network Indonesia. Jurnal RESTIKOM: Riset Teknik Informatika dan Komputer, 6(1), 49-56.

Tata Sutabri, T. S., & Darmawan Natipulu, D. N. (2019). Sistem informasi bisnis.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425–478.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.

Downloads

Published

2025-04-19