PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI KELAS IX MTs NEGERI KUPANG

Authors

  • Fitriah Muhammad MTsN Kota Kupang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4320

Keywords:

Pendekatan Berdiferensiasi; Hasil Belajar; Akidah Akhlah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan observasi awal di kelas IX MTsN Kota Kupang, ditemukan bahwa sebagian besar siswa memiliki kebutuhan belajar yang beragam, baik dari segi gaya belajar, minat, maupun tingkat kesiapan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi, observasi, dan refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra-tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 68 pada pra-tindakan menjadi 74 pada siklus I, dan mencapai 80 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan signifikan dari 40% menjadi 65% pada siklus I, dan 90% pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran ini efektif diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak.

References

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Hamzar, M. S. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2).

Kurnia Fitra, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Nurjanah, N., & Syamsudin, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 1 Imbanagara Raya. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 11(1), 053–057. https://doi.org/10.33751/jmp.v11i1.7707

Nurlatifah, A., & Munandar, K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.87

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Safarati, N., & Zuhra, F. (n.d.). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH MENENGAH.

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., Sultan, H., & Manado, U. N. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (n.d.). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3

Zuhro, N. S., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., & Winarji, B. (2023). Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4937–4945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991

Downloads

Published

2025-04-19