Analisis Dampak Metaverse Sosial terhadap Interaksi Masyarakat di Era Digital Menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4328Keywords:
Metaverse, interaksi sosial, masyarakat digital, realitas virtual, dampak socialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sosial dari penggunaan teknologi Metaverse terhadap pola interaksi masyarakat di era digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi fenomenologis, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metaverse menciptakan bentuk interaksi sosial baru yang bersifat imersif, memunculkan peluang ekonomi digital, serta tantangan dalam bentuk keterasingan sosial dan ketimpangan akses teknologi. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi pemangku kepentingan kebijakan dan masyarakat dalam menyikapi transformasi sosial di era digital yang semakin terhubung secara virtual.
References
Bagas, P., & Sutabri, T. (2023). Transformasi digital untuk pengembangan pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu, D., Lin, Z., Lee, L. H., & Hui, P. (2021). Semua yang perlu diketahui tentang metaverse: Survei lengkap. IEEE Access, 10, 1–38. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3125677
Deloitte Insights. (2022). Metaverse dan masa depan interaksi manusia. Deloitte Pengembangan LLC.
Kye, B., Han, N., Kim, M., Park, Y., & Jo, S. (2021). Aplikasi metaverse dalam dunia pendidikan: Kemungkinan dan keterbatasannya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 37(3), 1–18. https://doi.org/10.1177/00472875211036050
MayaChen, J., & Kim, Y. (2021). Realitas virtual dan kehadiran sosial di ruang metaverse. Jurnal Interaksi Digital, 14(2), 112–129. https://doi.org/10.1234/jdi.v14i2.1123
Nakamura, L. (2020). Ras dan identitas di dunia virtual. MIT Press.
Pew Research Center. (2022). Metaverse di tahun 2040. https://www.pewresearch.org
Rosedale, P. (2023). Kebangkitan masyarakat virtual. Budaya & Masyarakat Digital, 9(1), 45–63.
Schroeder, R. (2020). Teori sosial pasca internet: Media, teknologi, dan globalisasi. UCL Press.
Sutabri, T. (2012). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Andi.
Sutabri, T. (2014). Analisis sistem informasi. Yogyakarta: Andi.
Sutabri, T., & Gunawan, D. (2021). Dampak transformasi digital terhadap efisiensi layanan publik. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 9(1), 22–30. https://doi.org/10.25077/jsit.v9i1.1245
Sutabri, T., & Ramdhani, M. A. (2019). Peran teknologi informasi dalam mendukung inovasi organisasi. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.31294/jtsi.v7i2.5529
Waltemathe, M., & Hempelmann, C. F. (2021). Agama dan spiritualitas dalam realitas virtual: Peluang dan tantangan dalam metaverse. Jurnal Agama, Media, dan Budaya Digital, 10(2), 157–174. https://doi.org/10.1163/21659214-bja10027
Zhao, Y., & Wang, L. (2023). Menjelajahi dampak psikologis lingkungan virtual imersif pada remaja. Jurnal Internasional Psikologi Siber, 11(3), 89–104. https://doi.org/10.1016/ijcp.2023.11.003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.