Analisis Dampak Metaverse Sosial terhadap Interaksi Masyarakat di Era Digital Menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif

Authors

  • Bagas Piwari Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4328

Keywords:

Metaverse, interaksi sosial, masyarakat digital, realitas virtual, dampak social

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sosial dari penggunaan teknologi Metaverse terhadap pola interaksi masyarakat di era digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi fenomenologis, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metaverse menciptakan bentuk interaksi sosial baru yang bersifat imersif, memunculkan peluang ekonomi digital, serta tantangan dalam bentuk keterasingan sosial dan ketimpangan akses teknologi. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi pemangku kepentingan kebijakan dan masyarakat dalam menyikapi transformasi sosial di era digital yang semakin terhubung secara virtual.

References

Bagas, P., & Sutabri, T. (2023). Transformasi digital untuk pengembangan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu, D., Lin, Z., Lee, L. H., & Hui, P. (2021). Semua yang perlu diketahui tentang metaverse: Survei lengkap. IEEE Access, 10, 1–38. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3125677

Deloitte Insights. (2022). Metaverse dan masa depan interaksi manusia. Deloitte Pengembangan LLC.

Kye, B., Han, N., Kim, M., Park, Y., & Jo, S. (2021). Aplikasi metaverse dalam dunia pendidikan: Kemungkinan dan keterbatasannya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 37(3), 1–18. https://doi.org/10.1177/00472875211036050

MayaChen, J., & Kim, Y. (2021). Realitas virtual dan kehadiran sosial di ruang metaverse. Jurnal Interaksi Digital, 14(2), 112–129. https://doi.org/10.1234/jdi.v14i2.1123

Nakamura, L. (2020). Ras dan identitas di dunia virtual. MIT Press.

Pew Research Center. (2022). Metaverse di tahun 2040. https://www.pewresearch.org

Rosedale, P. (2023). Kebangkitan masyarakat virtual. Budaya & Masyarakat Digital, 9(1), 45–63.

Schroeder, R. (2020). Teori sosial pasca internet: Media, teknologi, dan globalisasi. UCL Press.

Sutabri, T. (2012). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Andi.

Sutabri, T. (2014). Analisis sistem informasi. Yogyakarta: Andi.

Sutabri, T., & Gunawan, D. (2021). Dampak transformasi digital terhadap efisiensi layanan publik. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 9(1), 22–30. https://doi.org/10.25077/jsit.v9i1.1245

Sutabri, T., & Ramdhani, M. A. (2019). Peran teknologi informasi dalam mendukung inovasi organisasi. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.31294/jtsi.v7i2.5529

Waltemathe, M., & Hempelmann, C. F. (2021). Agama dan spiritualitas dalam realitas virtual: Peluang dan tantangan dalam metaverse. Jurnal Agama, Media, dan Budaya Digital, 10(2), 157–174. https://doi.org/10.1163/21659214-bja10027

Zhao, Y., & Wang, L. (2023). Menjelajahi dampak psikologis lingkungan virtual imersif pada remaja. Jurnal Internasional Psikologi Siber, 11(3), 89–104. https://doi.org/10.1016/ijcp.2023.11.003

Downloads

Published

2025-04-21