Desain Sistem Multimedia Interaktif Berbasis Gesture untuk Penggunaan dalam Lingkungan Smart Classroom

Authors

  • Muhammad Rhamadani Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4336

Keywords:

Interactive Multimedia, Gesture Recognition, Smart Classroom, Interactive Learning, Educational Technology

Abstract

The development of technology in the world of education has encouraged the birth of various innovations in the learning process. One promising technology is the use of interactive multimedia systems based on gestures that can improve interaction between teachers and students in a smart classroom environment. This study aims to design and develop a multimedia system that can be controlled using hand movements (gestures), thus creating a more dynamic and interactive learning atmosphere. The research method used is Research and Development (R&D) with a prototyping model. The results of the study showed that the developed system was able to respond to gestures with 92% accuracy and significantly increase student engagement. This system is expected to be an innovative solution for more adaptive and enjoyable learning.

References

Rahmadhani, W., Sardjijo, & Manalu, M. (2022). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 2520.

Suwindra, I. N. P. (2011). Pengembangan modul software multimedia interaktif dengan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 4483.

Juwanda, K. A., Mariono, A., & Sumarno, A. (2025). Meta analisis pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 181–192.

Diana, L. M., Wulandari, A. Y. R., & Melliana, W. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android dengan model problem based learning pada pelajaran informatika. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 551.

Sari, D. W., & Rusijono, R. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis smartphone pada materi Indahnya Berpuisi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 50 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 45393.

Apriyani, N., Magdalena, I., & Azhar, A. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada muatan IPA sekolah dasar kelas III MI Kafilatul Mu’minin. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7120.

Fitriyah, L., Rifai, A. A., & Sukmawati, A. (2022). Pemanfaatan multimedia interaktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran online. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 106.

Maula, S. N., Yulieajantiningsih, Y., & Yulianti, P. D. (2024). Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi emosi siswa kelas XI SMAN 1 Kedungwuni. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17460–17464.

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif platform Android pada mata pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 2922.

Sastro, W., Mora, E., Lubis, A. R., & Gusnirwanda, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa MIS Aisyah Wil. Sumut. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 296–302.

Sutabri, T. (2012). “Konsep sistem informasi”. Yogyakarta: Andi.

Sutabri, T., & Napitupulu, D. (2019). “Sistem informasi bisnis”. Yogyakarta: Andi.

Adryansyah, M. R. H., Quiroz, P. A., Zuhdi, M. I., & Sutabri, T. (2023). Perancangan Multimedia Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality Sebagai Media Pameran Digital. Technologia: Jurnal Ilmiah, 14(3), 214-220.

Yunita, R. F., & Sutabri, T. (2024). Multimedia Cerdas Untuk Generasi Masa Depan: Tren dan Teknologi Terbaru. Router: Jurnal Teknik Informatika dan Terapan, 2(4), 122-131.

Yuda, U. W., Rhamadani, M., Pratama, M. B., & Sutabri, T. (2024). Implementasi Metaverse pada Proses Pembelajaran. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(1), 115–121.

Downloads

Published

2025-04-21