Penerapan Big Data Analytics dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Authors

  • Okky Agung Sunata STMIK-IM

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4339

Keywords:

big data, keputusan bisnis, teknologi, strategi bisnis

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi peran teknologi Big Data dalam menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan melalui pendekatan analitik, meliputi metode deskriptif, prediktif, dan preskriptif. Big Data, yang merupakan kumpulan data sangat besar dan kompleks, memberikan solusi inovatif dalam analisis data bisnis, pengambilan keputusan, dan strategi keuangan. Dalam konteks intelijen bisnis (Business Intelligence), Big Data berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan yang penting, khususnya pada era digital dan revolusi industri 4.0. Teknologi ini memungkinkan organisasi bisnis, pemerintahan, dan sektor pariwisata untuk mengakses data secara real-time, meningkatkan respons terhadap keluhan pelanggan, serta mendukung keputusan investasi saham yang lebih akurat. Penelitian ini menyoroti pentingnya Sistem Informasi Manajemen berbasis Big Data untuk mendukung pengambilan keputusan strategis di berbagai bidang.

References

Fauzi Fauzi and others, ‘Evaluasi Penggunaan Teknologi Big Data Untuk Analisis Data Bisnis Dan Pengambilan Keputusan’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7.1 (2024), pp. 2962–71 <http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25989>.

Jurnal Manajemen and Upik Sri Sulistyawati, ‘Decoding Big Data : Mengubah Data Menjadi Keunggulan Kompetitif Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis Abstrak’, 1.2 (2024), pp. 58–71.

Oon Feriyanto and others, ‘Peran Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Bisnis Melalui Analisis Big Data ( Studi Literatur )’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1.2 (2024), pp. 602– 13.

Mafda Khoirotul Fatha and others, ‘Peran Big Data Pada Intelijen Bisnis Sebagai Sistem Pendukung Keputusan (Systematic Literature Review)’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3.1 (2023), pp. 318–26, doi:10.33005/sitasi.v3i1.612.

Rio Agung Pangestu and Ines Heidiani Ikasari, ‘Penerapan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Big Data Untuk Analisis Bisnis’, AI Dan SPK : Jurnal Artificial Intelligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1.1 (2023), pp. 64–67 <https://jurnalmahasiswa.com/index.php/aidanspk/article/view/160>.

Kepercayaan Masyarakat, Pada Bank, and Syariah Indonesia, ‘Issn : 3025-9495’, 3.1 (2023).

Universitas Dirgantara and Marsekal Suryadarma, ‘Revolusi Industri 4.0: Big Data, Implementasi Pada Berbagai Sektor Industri (Bagian 2)’, Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10.1 (2014), doi:10.35968/jsi.v10i1.991.

Muhammad Reyhan and others, ‘Penggunaan Data Analisis Dan Big Data Dalam Strategi Pengambilan Keputusan Keuangan’, 2.2 (2024), pp. 1–9.

Dewi Sri Woelandari P.G, ‘Potential Benefits and Business Value of Big Data Analytics’, Majalah Ilmiah Bijak, 15.2 (2018), pp. 106–14, doi:10.31334/bijak.v15i2.199.

Downloads

Published

2025-04-22