ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ACADEMIC FRAUD DENGAN PENDEKATAN PENTAGON FRAUD THEORY (Survey pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022)

Authors

  • Mardyawan Rifky Aziz Universitas Siliwangi
  • Gugum Gumilar Universitas Siliwangi
  • Ai Nur Solihat Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i2.4368

Keywords:

Kecurangan Akademik, Faktor

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu tingginya kecurangan akademik yang seringkali terjadi di lingkungan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2022. Pengambilan sampel yaitu menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 101 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik yaitu factor tekanan dengan persentase 15,164%, factor peluang dengan persentase 14,137%, factor rasional dengan persentase 14,016%, factor kapabilitas dengan persentase 13,612%, serta factor arogan dengan persentase 11,047% .

References

Artani, K. T. B., & Wetra, I. W. (2017). Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi, 7(2), 123–132.

Hamdani, R. U. (2014). Menyontek...? Yukk!! Hmm...Nggak Ah!!.(e-book). Retrieved From

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Sagoro, E. M,. (2013). Pensinergian Mahasiswa, Dosen, Dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 9 (2). 54-67.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watson, G., & Sottile, J. (2010). Cheating in the Digital Age: Do Students Cheat More in Online Course?. Online Jurnal of Distance Learning Administration, 13(1), 1-9.

West, R. & Turner, L. (2008). Pengantar Teori dan komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika

Wolfe, D. T. dan Hermanson, D. R. (2004). The Fraud Diamond: Considering the Four Elements of Fraud. The CPA Journal, 74(12), pp. 38-42.

Downloads

Published

2025-04-24