Analisis Kinerja Keuangan di Perbankan Syariah dalam Melayani Nasabah

Authors

  • Eka Safitri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rini Puji Astuti Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Citra Adi Cahyani Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4498

Keywords:

Islamic Bank, Ratio, performance, operational Activities, Customers

Abstract

Jurnal ini membahas tentang Perbankan Syariah di Indonesia, dengan fokus pada kinerja keuangan di perbankan syariah dalam melayani nasabah. Bank syariah adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah pembiayaan dan penyediaan kegiatan tambahan yang berkaitan dengan pembayaran dan aliran uang, atau secara umum biasanya bank syariah berfungsi sebagai menghimpun dana juga menyalurkan dana, serta terlibat dalam kegiatan operasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, bank berdasarkan asas hukum Islam. Kinerja keuangan perbankan syariah secara umum menunjukkan pertumbuhan yang stabil sebagaimana terlihat dari rasio-rasio keuangan seperti Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Namun, efisiensi operasional (misalnya melalui rasio BOPO) masih menjadi tantangan bagi beberapa bank syariah, yang dapat memengaruhi daya saing mereka dalam memberikan layanan. Tujuan jurnal ini menganalisis kinerja keuangan di perbankan syariah,serta hubungannya dalam melayani nasabah. Metode penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Jurnal ini memberikan kontribusi dalam memahami kualitas kinerja keuangan bank syariah dalam melayani nasabah.

 

References

ayunda. (2020). likuiditas adalah aspek penting dalam bisnis. Retrieved from https:// accurate.id/ akuntansi/ likuiditas-adalah/.

Amalia, T. E. (2023). Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(8), 438-450.

Agustin, H. (2021). Teori bank syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1), 67-83.

Dewi, L. (2015). pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap harga saham pada perusahaan insustri makanan dan minuman di bursa efek indonesia. E- Jurnal katalogis, 3, 114-125.

Ezepue, C. i. (2018). digital banking service, costumer experience and financial perfomance in uk banks. international journal of bank marketing, 36, 230-225.

Fitriyani, I. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Periode 2012-2016 Dengan Teknik DuPont System (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Harahap, Z. (2020). Pengaruh Pelayanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 101-118.

Ismail, T. &. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kantor indihome gegerkalong di kota bandung . Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi, 413-423.

Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501-2510.

Manik, A. F. I. (2018). Pengaruh Kepuasan Nasabah, Loyalitas, Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar

Sumantri, B. (2014). pengaruh kualitas pelayanan dan produk Pembiayaan terhadap minat dan keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141-147.

Syaifullah, M. Anwari, A. Akmal, M. Fachturrazi. (2020). KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN ASSET QUALITY, EARNINGS, LIQUIDITY, DAN SHARIA

CONFORMITY. PT RajaGrafindo Persada. Depok.

Vebiana, V. (2018, October). Perbankan digital, pengalaman pelanggan, dan kinerja keuangan bank syariah. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 747-751).

Zalelawati, S., Marlita, T., & Syaifudin, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1020-1026.

Downloads

Published

2025-05-10