PEMBELAJARAN KONTEKS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4608Keywords:
Contextual Learning; Islamic Religious Education; Islamic Character; Effectiveness;Abstract
Penelitian ini menyelidiki upaya para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) di lingkungan sekolah menengah atas. CTL berfokus pada model pendidikan yang berpusat pada siswa, dengan menambatkan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dialami siswa dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dalam ranah PAI, metode ini menawarkan solusi yang berharga terhadap permasalahan pembelajaran teoritis yang terlepas dari penerapan di dunia nyata. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami prinsip-prinsip Islam secara intelektual, tetapi juga mampu menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran tersebut dalam perilaku mereka sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain kuasi-eksperimen, secara spesifik model Non-Equivalent Control Group Design, dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan pendidik dan peserta didik, serta evaluasi terhadap sumber-sumber pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kontekstual ini secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi keagamaan, serta menumbuhkan perspektif spiritual, tanggung jawab sosial, dan kesadaran moral. Guru PAI memegang peran penting dalam merancang kurikulum yang mengaitkan prinsip-prinsip Islam dengan situasi nyata yang relevan bagi kehidupan siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa pengajaran PAI berbasis kerangka kontekstual menghasilkan pengalaman pendidikan yang lebih dinamis, relevan, dan berdampak, serta membantu dalam pembentukan identitas keislaman siswa sekolah menengah.
References
‘Al-Masail (2023): Journal of Islamic Studies THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL LEARNING METHODS AND TECHNOLOGY USE IN TEACHING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS Dedi Rosyidi , Muharor SMKN 2 Depok , Sleman , Yogyakarta PENDAHULUAN Pendidikan ’, 1.2, pp. 65–73
Aziz, Imam Nur, and Yuli Ani Setyo Dewi (2019), ‘The Implementation of Contextual Teaching and Learning on English Grammar Competence’, Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 2.2 , pp. 67–95, doi:10.31538/alsuna.v2i2.392
Brown, John Selly, Allan Collins, and Paul Duguid (1988), ‘Situated Cognition and the Culture of Learning (Report No. IRL 88-0008)’, Institute for Inquim, 18.1, pp. 32–42
Halstead, J. Mark, ‘Islamic Values (2007): A Distinctive Framework for Moral Education?’, Journal of Moral Education, 36.3, pp. 283–96, doi:10.1080/03057240701643056
Ishtiaq, Muhammad, ‘Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage’, English Language Teaching, 12, p. 40, doi:10.5539/elt.v12n5p40
Johnson, Elaine(2002), ‘Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay’,
Khun-Inkeeree, Hareesol, Mohd Faiz Mohd Yaakob, Wan Rozimi WanHanafi, Mat Rahimi Yusof, and M. S. Omar-Fauzee (2021), ‘Working on Primary School Teachers’ Preconceptions of Organizational Climate and Job Satisfaction’, International Journal of Instruction, 14.3, pp. 567–82, doi:10.29333/iji.2021.14333a
Kusen, Kusen, and Rahmad Hidayat (2019), ‘Contextual Learning and Its Contribution To The Understanding of Islamic Education’, AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 4, p. 55, doi:10.29240/ajis.v4i1.844
Mertens, Donna (2004), Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods
Misnadiarly (2008), ‘Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) DALAM Pembelajaran Berpidato (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri I Kalimanah-Purbalingga)’, 8.1, pp. 5–26
Nurhasanah, Siti, and A Sobandi (2016), ‘MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1, p. 128, doi:10.17509/jpm.v1i1.3264
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.