MANAJEMEN KURIKULUM INTRAKURIKULER PADA PROGRAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4756Keywords:
Curriculum Management; Intracurricular;Visual Communication Desig; Digital Literacy.Abstract
This study aims to examine the process of intracurricular curriculum management, which refers to the management of the curriculum implemented during official school hours to support the achievement of effective learning objectives, particularly in strengthening students' competencies in specific fields. The Visual Communication Design (DKV) program at SMK Negeri 5 Jember serves as a creative learning medium based on technology that is relevant for developing digital literacy. Digital literacy itself is the ability to understand, use, and utilize technology and digital media wisely and productively.
References
Arif Fiandi dan Edi Warmanto, “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Islam di Pesantren Menghadapi Era 4.0” 7 (2023).
Agus Salim Salabi, Efektivitas dalam Implementasi Kurikulum Sekolah, Education Achievement: Journal of Science and Research, Vol. 1, No. 1, November 2020, hlm. 1–13.
Amran Sahputra Tanjung, Anggi Martuah Purba, dan Mahadir Muhammad, "Pemahaman terhadap Teori-Teori Organisasi," Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No. 4 (2022): 5816–5823.
Agi Ma’ruf Wijaya, Ilfiana Firzaq Arifin, dan Mohamad Il Badri, "Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri di Masa Pandemi dalam Mata Pelajaran Sejarah," Jurnal Sandhyakala, Vol. 2, No. 2 (Juli 2021): 1–10.
Ahmad Sopian, "Manajemen Sarana dan Prasarana," RAUDHAH: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 4, No. 2: 43–54.
Ajani Restianty, Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media, (Gunahumas Vol 1, No.1,19 Februari 2018), 72–87.
Ali Priyono dkk., “Integrasi Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah,” Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman 6, no. 2 (21 Desember 2021): 83–112.
Bernardin, Human Resource Management, Prentice Hall, 1993, hlm. 45.
Dra Hj Wiji Hidayati M.Ag, Syaefudin M.Pd, dan Umi Muslimah M.Pd, MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan) (Semesta Aksara, 2021).20
H. Masduki Duryat Pd.I M. dan Muhamad Fajriansyah Pd M., MANAJEMEN KURIKULUM ASWAJA : Membangun Karakter Peserta Didik Bersumber dari Kearifan Lokal (Penerbit Adab, t.t.).
Kharisma Fajarwati, Hasna Khumairoh, Haikal Restu Dirgantara, Syahyono, dan Aga Victoria Putra, "The Influence of Resource-Based View and Motivation on the Performance of Grilled Chicken UMKM," EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 4, No. 3 (Maret 2025): 5792–5808.
“Kemendikbudristek Perkuat Literasi Digital untuk Ciptakan Pendidikan Berkualitas" Peraturan Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22(November 2022).
Osias Kit T. Kilag et al., "Lawrence Stenhouse in Curriculum Development: Integrative Review," Excellencia: International Multi-Disciplinary Journal of Education, Vol. 1, No. 1 (2023): 77–86.
Siti Hasanah Abbas dan Aris Sunarya, "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sampang," SMIA – Edisi Khusus Tema Pemberdayaan (2023): 429–436
Maryono, Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Matematika dan Praktik Pembelajarannya, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), Vol. 1 No. 1, hlm. 58–71.
Samuel Rio Budi Siregar, Vince Ratnawati, dan Nita Wahyuni, "Pengaruh Goal Setting dan Batasan Waktu terhadap Kinerja Pemeriksa Pajak dengan Motivasi sebagai Variabel Pemediasi," Journal of Taxation (JOT), Vol. 2, No. 1 (2021): 1–30.
Teguh Prasetyo Utomo, Literasi Informasi Di Era Digital Dalam Perspektif Ajaran Islam (Perpustakaan Universitas Islam Indonesia,2020.):63-64.
Muhammad Nurman, Evaluasi Program Pendidikan: Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan Ralph W. Tyler, El-Tsaqâfah Vol. XVI No. 2, hlm. 204.
Wiwik Surya Utami, "Kesesuaian Prinsip Pengembangan RPP Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Sumbawa dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016," Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6, No. 1 (April 2022): 156–164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.