STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4793Keywords:
Karakter, Peduli Lingkungan, Al-Qur’anAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pelestarian lingkungan di sekolah dalam perspektif pendidikan Islam, dengan merujuk pada dua ayat Al-Qur’an, yaitu QS. Ar-Rum: 41 dan QS. Al-A’raf: 56. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menyoroti bahwa degradasi lingkungan merupakan konsekuensi dari tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam. Al-Qur’an memberikan peringatan tegas agar manusia tidak merusak tatanan alam setelah Allah memperbaikinya, sebagai bentuk tanggung jawab moral dan spiritual. Dalam konteks pendidikan, lembaga sekolah memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai ekoteologis kepada peserta didik sebagai bagian integral dari pembentukan karakter. Oleh karena itu, pelestarian lingkungan hidup harus diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan agama Islam sebagai bagian dari internalisasi nilai- nilai religius yang mendorong kepedulian terhadap kelestarian alam.
References
Gaurifa, M. (2023). Program Kebersihan Lingkungan Sekolah Dan Kesadaran. 2(2), 36–46.
Hasibuan, A. R., Pasaribu, A. F., Alfiyah, S., Utami, N., Rahma, N., & Harahap, Y. (2024). Peran Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pola Hidup Sehat di Era Digital. 13(001), 305–318.
Karim, A., Fuqohak, Z., & Atabik, A. (2022). Strategi Pelestarian Lingkungan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. Advances in Humanities and …. https://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/ahcs/article/view/9811
Marlia, A., Susanti, E. D., & ... (2024). Telaah Ayat Al-Quran Tentang Menjaga Lingkungan Hidup. Jurnal …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/1596
Masruri, U. N. (2014). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. At-Taqaddum. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/718
Muhammad. (2023). Kajian Ayat-Ayat Al-Quran tentang Pelestarian Lingkungan Hidup.
(2). https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.2259
Nasution, H. (2019). Islam dan Ekologi: Etika Lingkungan dalam Perspektif Al-Qur'an.
Bandung: Mizan
Ulfah, M. (2014). Panduan Penulisan Skripsi, (Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2008).
Waskitoningtyas, R. S., Permatasari, B. I., & Prasetya, K. H. (n.d.). Penyuluhan Kebersihan Diri Melalui Program Cuci Tangan Sebagai Bentuk Kesadaran Siswa Pada Sd N 014 Balikpapan Barat.
Zed Mestika,( 2004) Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta : Yayasan Bogor Indonesia, h.3
Sulaiman, M. (2021). “Integrasi Nilai Islam dan Ekologi dalam Pendidikan.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(3), 201–215.
Sarjono Soekanto dan Sri Mamudji, (2006) Penelitian Hukum Normatif, (Jakarta : Raja Grafindo Persada,
Saifuddin Azwar,(2009) Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,h. 91
Thoyyib, M. (2022). “Peran Sekolah dalam Menanamkan Etika Lingkungan Berbasis Islam.”
Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 50–62.
Andi Prastowo, (2012) Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarrta: Ar-Ruzz Media, h.221
Zakiyah, R. (2019). “Analisis Tafsir QS. Al-A’raf: 56 dalam Konteks Lingkungan.” Jurnal Tafsir dan Hadis, 3(2), 77–90.
https://islam.nu.or.id/tafsir/tafsir-ekologis-surat-ar-rum-ayat-41-larangan-merusak- lingkungan-l2yPL
Chan, F., Rimba Kurniawan, A., Oktavia, A., Citra Dewi, L., Sari, A., Putri Khairadi, A., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 190. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1126
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Wulandhari, C. A. (2019). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD 1 Sewon. Prosiding Seminar Nasional PGSD 2019, 1(April), 85–96. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4734
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.