Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Tingkat Fokus Mahasiswa pada Kuliah Pagi Berdurasi 3 SKS di UPI

Authors

  • Alvin Muhammad Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anisa Putri Mulyaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Kristine Harefa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Laras Ayu Syahrani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Aisyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4855

Keywords:

Sarapan, Fokus Belajar, Kuliah Pagi, Mahasiswa, Kuantitatif

Abstract

Perkuliahan pagi berdurasi 3 SKS menuntut kesiapan fisik dan mental mahasiswa agar dapat berkonsentrasi secara optimal. Sarapan pagi diyakini sebagai salah satu faktor penting yang mendukung fungsi kognitif, termasuk konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dan tingkat fokus mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) saat mengikuti perkuliahan pagi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 33 responden mahasiswa dari program studi PGSD dan PGPAUD. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan uji normalitas serta uji korelasi Pearson melalui SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan sarapan dan tingkat fokus saat kuliah pagi (r = 0,504; p = 0,003). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kebiasaan sarapan mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat fokus mereka dalam mengikuti pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya sarapan sebagai investasi sederhana namun krusial dalam mendukung keberhasilan akademik mahasiswa.

References

Amir, M. F., & Kurniawan, M. I. (2016). Penerapan Pengajaran Terbalik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UMSIDA pada Materi Pertidaksamaan Linier: Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.85

Andriani, E. A., Hikmawati, I., Handayani, D. Y., & Riyaningrum, W. (2025). Kebiasaan sarapan pagi dan konsumsi kopi terhadap risiko gejala gastritis. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(11), Article 11. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i11.544

Apriani, D. G. Y. (2022). Hubungan Sarapan Pagi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar pada Anak Kelas 4-6 Sekolah Dasar Negeri 1 Tiyinggading. Jurnal Medika Usada, 5(1), 16–21. https://doi.org/10.54107/medikausada.v5i1.115

Dana, T. P. (2020). Sampling Methods in Research Design.

Dewi, N. P. S. R., Citrawathi, D. M., & Giada, G. serfi. (2020). Hubungan Pola Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Banjar. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.23195

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Monepa, J. M., Idhan, A. A., Putri, N. A., Farhana, N., & Dayanti, T. (2022). Hubungan antara sarapan dan konsentrasi belajar mahasiswa. Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran, 7(1). https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/mtj/article/download/608/343

Muhibbah, S., Anggela, W., Husna, N. A., Ulwani, M., & Wulansari, D. (2024). Pengaruh Sarapan Pagi Bagi Mahasiswa PGMI Saat Menghadapi Pelajaran terhadap Kondisi Tubuh dan Mental. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(4), 843-852. DOI: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v3i4.4324

Mustikowati, T., Rukmana, H. T., Karim, U. N., & Rahmawati, A. (2022). Hubungan Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Anak di Sekolah Dasar Negeri Sukawera. Journal of Nursing and Midwifery Sciences, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54771/jnms.v1i1.488

Octavia, Z. F. (2020). Frekuensi dan kontribusi energi dari sarapan meningkatkan status gizi remaja putri. Jurnal Riset Gizi, 8(1), 32-36. DOI: https://doi.org/10.31983/jrg.v8i1.5749

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137. Doi:10.34128/Jsi.V5i2.185.

Purnawinadi, I. G., & Lotulung, C. V. (2020). Kebiasaan Sarapan dan Konsentrasi Belajar Mahasiswa. Nutrix Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37771/nj.Vol4.Iss1.429

Rusni, A. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Alfamart Batu Alang Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 22-29.

Sari, A. K., & Dora, N. (2024). Konsentrasi Belajar Siswa Ditinjau dari Peran Orang Tua Dalam Persiapan Pola Makan dan Kecukupan Gizi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(1), 59-66. Doi : https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.80489

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Talakua, F., Rs, A., & Simon, M. (2024). Penyuluhan Tentang Manfaat Sarapan Pagi Bagi Persekutuan Anak dan Remaja (PAR) Jemaat GPI Papua Bethlehem Sorong. Idea Pengabdian Masyarakat, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.53690/ipm.v4i02.283

Verdiana, L., & Muniroh, L. (2018). Kebiasaan Sarapan Berhubungan dengan Konsentrasi Belajar pada Ssiswa SDN Sukoharjo I Malang. Media Gizi Indonesia, 12(1), 14. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i1.14-20

Downloads

Published

2025-05-31