Mengungkap Karakteristik Belajar Peserta Didik

Authors

  • Hamdah Hanyfah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Khurun In Kamila Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Rahmatur Riskiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4856

Keywords:

characteristics, students

Abstract

The learning characteristics of students play a crucial role in determining the success of the learning process in the classroom. Each student has different learning styles, interests, and tendencies, which affect how they absorb information and interact with the learning material. This study aims to reveal various learning characteristics of students that can influence the effectiveness of learning. By understanding these characteristics, educators can design teaching strategies that are more aligned with the individual needs of students, creating an environment that supports their academic and personal development. This abstract will discuss the key factors that shape students' learning characteristics and their implications for improving educational quality.

References

(Nurazijah, Lailla, and Rustini 2023)Agustina, E., “Struktur dan Sifat Optik Lapisan Tipis TiO2 (Titanium Oksida) Yang Dihasilkan Dengan Menggunakan Metode Elektrodeposisi, Skripsi S1, Universitas Andalas (2013).

(Ipa and Gorontalo 2023)Perdana, F.A, Jurnal Material dan Energi Indonesia, Hal. 4-10 (2011)

Amin, Ahmad Makinun, and M Yunus Abu Bakar. 2021. “Peran Pendidikan Dalam Kegiatan Entrepreneurship Santri Kidspreneur Al-Madina Surabaya.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (February): 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/.

Az-Zahro, Fitri Charismaullah, Devista Khoirun Najikhah, and M Yunus Abu Bakar. 2024. “Media Pembelajaran Bagi Siswa Autis Menurut Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 9 (1): 69–78. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2125.

Bakar, M. Yunus Abu. 2016. “PEMBENTUKAN KARAKTER LULUSAN MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN LIRBOYO KEDIRI M . Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Ampel Surabaya , Indonesia Pendahuluan Krisis Moral Yang Melanda Masyarakat Indonesia Mengindikasikan.” Journal of Islamic Education Studies 1. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2059/2/M. Yunus Abu Bakar_jurnal_Pembentukan Karakter Lulusan.pdf.

Estari, Aan Whiti. 2020. “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (3): 1439–44. https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Hajar, St, and Nanning Nanning. 2022. “Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 10–18.

Hanifah, Siti, and M Yunus Abu Bakar. n.d. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih : Implementasi Pada Pendidikan Modern” 0738 (4): 5989–6000.

Ipa, Pendidikan, and Universitas Negeri Gorontalo. 2023. “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Suwawa,” 479–84.

Mahbubi, Abdillah, Nur Aqilah L. R. Opier, Arroyyanah F, and M. Yunus Abu Bakar. 2023. “Implementasi Teori Generatif Transformatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2): 211–28. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v10i2.1127.

Novita, Almi, M Yunus, and Abu Bakar. 2021. “Konsep Pendidikan Esensialisme Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dirasat:Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 7 (1): 12–22. Journal.Unipdu.ac.id/index.php/Dirasat/index.

Nurazijah, Mira, Syaipia Lailla, and Tin Rustini. 2023. “Pendekatan Berdiferensiasi Pada Pembelajaran IPS Sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar.” Journal on Education 6 (1): 1798–1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158.

Amin, Ahmad Makinun, and M Yunus Abu Bakar. 2021. “Peran Pendidikan Dalam Kegiatan Entrepreneurship Santri Kidspreneur Al-Madina Surabaya.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (February): 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/.

Az-Zahro, Fitri Charismaullah, Devista Khoirun Najikhah, and M Yunus Abu Bakar. 2024. “Media Pembelajaran Bagi Siswa Autis Menurut Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 9 (1): 69–78. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2125.

Bakar, M. Yunus Abu. 2016. “PEMBENTUKAN KARAKTER LULUSAN MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN LIRBOYO KEDIRI M . Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Ampel Surabaya , Indonesia Pendahuluan Krisis Moral Yang Melanda Masyarakat Indonesia Mengindikasikan.” Journal of Islamic Education Studies 1. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2059/2/M. Yunus Abu Bakar_jurnal_Pembentukan Karakter Lulusan.pdf.

Estari, Aan Whiti. 2020. “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (3): 1439–44. https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Hajar, St, and Nanning Nanning. 2022. “Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 10–18.

Hanifah, Siti, and M Yunus Abu Bakar. n.d. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih : Implementasi Pada Pendidikan Modern” 0738 (4): 5989–6000.

Ipa, Pendidikan, and Universitas Negeri Gorontalo. 2023. “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Suwawa,” 479–84.

Mahbubi, Abdillah, Nur Aqilah L. R. Opier, Arroyyanah F, and M. Yunus Abu Bakar. 2023. “Implementasi Teori Generatif Transformatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2): 211–28. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v10i2.1127.

Novita, Almi, M Yunus, and Abu Bakar. 2021. “Konsep Pendidikan Esensialisme Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dirasat:Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 7 (1): 12–22. Journal.Unipdu.ac.id/index.php/Dirasat/index.

Nurazijah, Mira, Syaipia Lailla, and Tin Rustini. 2023. “Pendekatan Berdiferensiasi Pada Pembelajaran IPS Sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar.” Journal on Education 6 (1): 1798–1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158.

Downloads

Published

2025-05-31