Etika Dalam Asesmen Psikologi Di Bidang Bimbingan Dan Konseling

Authors

  • Amellia Fitri Nafidhatus Sholickhah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i3.4917

Keywords:

etika, penilaian psikologis, kerahasiaan, objektivitas, bimbingan dan konseling.

Abstract

Etika dalam proses penilaian psikologis di bidang bimbingan dan konseling memiliki peranan krusial untuk memastikan layanan yang profesional, terhormat, dan mengikuti ketentuan hukum. Para konselor diwajibkan untuk melindungi kerahasiaan hasil evaluasi, bertindak secara objektif, dan menghindari adanya benturan kepentingan saat melakukan penilaian psikologis. Prinsip etika seperti kerahasiaan, objektivitas, keasilan, serta kompetensi menjadi fondasi penting agar klien merasa nyaman dan yakin saat menggungkapkan permasalahan mereka. Meskipun demikian, dalam implementasinya, penerapan kode etik masih menemui berbagai kendala, termasuk kurangnya pemahaman, pelatihan yang terbatas, serta hambatan birokrasi yang ada di sekolah. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan dan pengetahuan tentang etika sangat diperlukan agar para konselor dapat memberikan layanan penilaian psikologis yang unggul dan penuh integritas.

References

Mubarak, S., & Sukmawati, A. (2024). Persepsi & asistensi guru: penerapan asesmen kompetensi minimum sekolah dasar di se-kecamatan Rasanae Barat kota Bima. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2530-2543.

Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan Fılosofıs Dan Analısıs Teorı Belajar Dalam Implementası Kurıkulum Merdeka Dı Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1559-1569.

Novianti, S., Shofiah, V., & Lestari, Y. I. (2024). Peran Asesmen Psikologi Dalam Pendidikan: Implementasi dari Paud Hingga SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Insani, 9(12).

Ana Aristri Muslimah1, N. B. ( 2024). Peran Etika Dalam Bimbingan dan Konseling Implementasi Prinsip Kerahasiaan Dalam Konseling Kelompok. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 161-173.

Anggraini, H. A. (2025). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penerapan Etika Guru Bimbingan dan Konseling. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 49-57.

Athalia A. Aptanta Tumanggor, J. S. (2022). Etika Konselor Profesional dalam Bimbingan dan Konseling. JURNAL NUSANTARA OF RESEARCH, 54-60.

Gustama, R. A. (2025). Konseling Multibudaya dalam Edukasi Kesetaraan dan kesadaran Gander pada Siswa. Jurnal Kajian Teori dan Peaktik Kependidikan, 9-17.

Ibrahim, N. L. (2025). Persepsi & asistensi guru: Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum Sekolah Dasar di se-kecamatan Rasanae Barat Kota Bima. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan , 40-60.

Saba, S. S. (2024). Membangun profesionalisme dalam Era Teknologi: Transformasi Layanan Bimbingan Konseling Online. Saba, S. S. (2024). Membangun profesionalisme dalam Era Teknologi: Transformasi Layanan Bimbingan Konseling Online. JBK Jurnal Bimbingan Konseling, 17-24., 17-24.

Yasinta, S. D. (2025). Penelitihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor. Jurnal Inovasi Pendidikan, 160-178.

Yulianti, S. S. (2024). Meningkatkan Standar dan Etika dalam Praktik Bimbingan dan Konseling. Menara Ilmu, 128-136.

Zamroni, E. G. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Asesmen Kebutuhan untuk Layanan Bimbingan dan Konseling Berdiferensiasi di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kudus. Jurnal Of Human And Education (JAHE), 650-659.

Downloads

Published

2025-06-03