PERAN KOMUNIKASI VERBAL DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BARISTA DAN PELANGGAN/CUSTOMER (STUDI KASUS PADA KELFAIRO COFFE)

Authors

  • Fedly Ridho Setiaji Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Afifzuren Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Miftahul Falah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Restu Firmansyah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.499

Keywords:

Komunikasi Verbal, Interaksi, Pelayanan, Kelfairo Coffe

Abstract

Di era yang semakin terhubung ini, komunikasi verbal memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk hubungan yang positif antara penyedia layanan dan pelanggan. Salah satu contohnya adalah hubungan antara barista dan pelanggan di industri kedai kopi. Kelfairo Coffee, sebagai salah satu kedai kopi yang dikenal dengan pelayanan yang ramah dan berkualitas, mengakui pentingnya komunikasi verbal yang efektif dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi verbal dalam membangun hubungan antara barista dan pelanggan di Kelfairo Coffee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada barista dan observasi partisipan khusunya customer Kelfairo Coffe untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal memainkan peran krusial dalam membentuk hubungan yang positif antara barista dan pelanggan di Kelfairo Coffee. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan komunikasi verbal bagi barista, serta pentingnya peran komunikasi dalam konteks hubungan pelanggan dan penyedia layanan. Diharapkan temuan ini dapat memberikan wawasan bagi industri kedai kopi dan sektor layanan lainnya tentang pentingnya komunikasi verbal dalam membangun hubungan yang kuat dan memuaskan antara penyedia layanan dan pelanggan.

References

Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). ETS E-Bisnis Analisis perilaku komunikasi verbal antara owner dan freelancer dalam web Project . co . id Kata Pengantar. 1211700113.

Evi Zahara. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Pimpinan Organisasi. Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi, 1829–7463(April), 8.

Fakultas, K. (2020). Alamat Redaksi (Journal Address). 4(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Jalil, A. (2015). Memaknai Tradisi Upacara Labuhan Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Parangtritis. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 17(1), 101. https://doi.org/10.18860/el.v17i1.3088

MARIA, D. O. (2017). Universitas medan area tahun 2017 universitas medan area. Skripsi.

Mujahid, dkk. (2020). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Sales Promotion Girl Rokok Terhadap Minat Beli Konsumen the Role of Verbal and Non Verbal Sales Promotion Girl Ciga-Rette on Consumer Buying Interest. Mujahid, 7(1), 1–6.

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i1.510

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Hubungan Manusia. Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 5–21.

Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, 7(2), 1–10. http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/download/101/97/

Quispe, J. (2023). No Titleการบริหารจัดการการบริการที่มีคุณภาพใน โรงพยาบาลสังกัดกระทรวงสาธารณสุข. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.

Ramadhanty, S. (2014). Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–12.

Ridwan, M. M., Muhammad Aminullah, A., Jamaluddin, N., Elihami, E., & Perpustakaan, P. (2020). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95–106.

Sahputra, D. (2018). Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 14. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2088

Setiabudi, R., Dharmayanti, D., Si, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2020). 2860-5309-1-Sm. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol, 2(2).

Simahate, T. (2013). Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pengguna Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 7(02), 19.

Simamora, I. Y. (2018). Komunikasi Verbal Dalam Alquran. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 11. https://doi.org/10.37064/jpm.v6i1.4983

Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 261–270. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.221

Downloads

Published

2023-12-21