STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PEMBELAJARAN DARING
(Survei terhadap Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2021)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.520Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan pembelajaran pada masa pasca pandemi, dimaan sebelumnya selama kurang lebih 2,5 tahun pembelajaran dilakukan secara daring kemudian kembali lagi dilakukan pembelajaran tatap muka karena adanya perubahan kebijakan sektor pendidikan oleh pemerintah seiring dengan semakin berkurangnya penyebaran waba pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi mahasiswa pada pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain deskriptif. Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling jenis proportional simple random sampling dengan menggunakan teori pengambilan sampel menurut Fraenkel dan Wallen dimana 100 sampel responden untuk penelitian deskriptif sudah mewakili populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan persepsi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi angkatan 2021 berada pada kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan berdasarkan 5 kategori pengukuran persepsi mahasiswa. Aspek penerimaan memiliki persentase 76,75%, aspek pengetahuan atau pemahaman memiliki persentase 76,62% dan aspek penilaian atau pemahaman memiliki persentase 76,50%
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. Ejournal Kopertais, 7(1), 855–866.
Arifin, H. F. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), 88-101.
Atira, S., & Hasmira, M. H. Persepsi Mahasiswa Univeritas Negeri Padang Tentang Kebudayaan Masyarakat Korea Pasca Menonton Tayangan Drama Korea. jurnal Perspektif: Jurnal Kajian sosiologi dan Pendidikan, (5) 1, 85-93.
Astuti, L. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Kalkulus Dasar Secara Daring dengan Menggunakan Media Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation, 5(1), 60-69.
Budiarko, A. A (2021) Fenomenologi Mahasiswa sebagai Enterpreneur di Kota Pekanbaru (Teori Fenomenologi Alfred Schutz). Univeritas Airlangga.
Couto, A. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.
Fraenkel, J. R. and Norman E. Wallen (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.
Siregar, A. W. (2022). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Draingdimasa Pandemi. Naradidik : Jurnal of Education and Pedagogy, 1(4), 405-410.
Sujarweni, V. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis dan Mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.