UNDERSTANDING THE CONCEPT OF ELECTRIC CIRCUITS (STATIC, DYNAMIC AND SERIES AND PARALLEL CIRCUITS)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jssr.v3i4.5942Keywords:
Concept, Circuit, ElectricityAbstract
Electricity is essential to our lives, as we would struggle to perform everyday tasks without it. Electricity not only provides us with light, but almost all of our technology requires electricity to function. The purpose of this study was to examine how people understand series and parallel circuits by conducting simple experiments in science education. In this study, we used a descriptive qualitative method by examining series and parallel circuits through simple hands-on activities. This research was conducted at STKIP Al Maksum Langkat. The results showed that static electricity occurs when an electric charge remains stationary. Dynamic electricity occurs when an electric charge moves through a wire. In a series circuit, electricity flows through a single path, so if one part is removed, the entire circuit will be broken.
References
Ayub S, Wahyudi W, & Handayani E, P. 2022. Penguasaan Konsep Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Penggunaan Kit Listrik SEQIP di SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 3(2)
Ayuni F, A, Tyas N, I, Nur A, K, & Kurniawati W. 2023. Pembelajaran Rangkain Seri dan Pararel di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2)
Erfan M, Maulyda M, A, Ermiana I, Rachmatul V, Hidayati H, & Ratu T. 2020. Profil Kemampuan Pembedaan Rangkaian Seri dan Paralel Calon Guru Sekolah Dasar. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1)
Hamdani. 2021. Miskonsepsi Siswa tentang Konsep-Konsep dalam Rangkaian Listrik Seri dan Paralel. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1)
Kartika D, D. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Rangkaian Listrik Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Batu Tahun Jurnal Pendidikan, 2(1)
Nasem N, Rudiyana R, & Wulandari Y. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Melalui Metode Scramble Pada Siswa Kelas IV MI Taufiqurrahman I Depok. Jurnal Tahsinia, 2(1)
Ngatiroh S, Miyono N, & Numareta F, Y. 2024. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik Kelas V di SDN Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1)
Pujiana E. 2022. Penerapan Praktikum Sederhana pada Pembelajaran Sains di SD Negeri Emboan. Jurnal Basicedu, 8(3)
Purnama N, A. 2023. Analisis Yuridis Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Pada Objek Instalasi Tenaga Listrik (Studi Putusan Nomor 1435/Pid. Sus/2021/PN. Mks). Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin. Makassar
Putri R, Y, Sudarti S, & Prihandono T. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1)
Sufiyanto M, I, & Hefni M. 2021. Analisis Penggunaan Praktikum Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di SDN Durbuk III Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Eduproxima, 3(1)
Sholikhah A. 2023. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2)
Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Kedua. Alfabeta. Bandung
Taufik Irfan. 2021. Pengaruh Serbuk Grafit Dan Silika Sebagai Matriks Serta Epoxy Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Konduktivitas Listrik, Kekasaran Dan Struktur Mikro Pelet Komposit. Diss. Universitas Islam Riau. Riau
Wahyuningtias E, D, Fauziah H, N, Kusumaningrum A, C, & Rokmana A, W. 2021. Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.