Pengaruh Penggunaan Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran

Authors

  • Urip Adil Wicaksono Universitas Sains Al Qur’an
  • Muhammad Yusuf Amin Nugroho Universitas Sains Al Qur’an
  • Sri Jumini Universitas Sains Al Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v3i6.6816

Keywords:

Quizizz media, learning motivation, learning outcomes, Islamic Religious Education

Abstract

This study aims to determine the effect of using the digital-based learning media Quizizz on students’ learning motivation and learning outcomes in Islamic Religious Education (PAI) at SMAN 1 Kaliwiro Wonosobo. The research method employed was a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group design. The subjects were 70 eleventh-grade students, consisting of an experimental class (XI-6) and a control class (XI-7). The research instruments included a multiple-choice learning achievement test and a learning motivation questionnaire using a Likert scale. Data were analyzed using the Wilcoxon test, Mann–Whitney test, and simple linear regression analysis. The results showed a significant effect of using Quizizz on students’ learning motivation and learning outcomes. Students in the experimental class demonstrated higher improvements in both motivation and learning outcomes compared to those in the control class. This indicates that the use of Quizizz can create an interactive, enjoyable, and competitive learning atmosphere that enhances students’ enthusiasm for learning.

References

Aditiyawarman, M. Andra WD., Meini Sondang, Lilik Hanifah, dan Lusiana Dewi Kusumayati. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 3 (2019): 23–31.

Arikunto Suharsini,2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Atiqah, F. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quiziz sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI Kelas X ICT Sma UII Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Aulia, J. Penyusunan Kerangka Berpikir Dalam Penelitian Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: Longman.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2013). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Idris, EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Jayadi, A., & Anwar, Z. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital Dalam Pembelajaran Statistika: Systematic Literature Review. Journal Transformation of Mandalika, 4(7), 76-83.

Jumini, S., Dewi, S., Hidayatun, A., Fatiatun, F., Masruroh, I., & Aryati, D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. Kappa Journal, 6(2), 44–57.

Khasanah, D. A., Jumini, S., & Nugroho, M. Y. A. (2024). Pemanfaatan Media Belajar Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Social Science and Research (JSSR), 3(4).

Kusumadewi, Ririn Indah, and Candra Aeni. "Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Ekonomi." OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi 3.01 (2022): 17-25.

Muhammad Maskur “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MIPA MAN 1 Makassar” (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2018)

Munte, R. S., Risnita, Jailani, M. S., & Siregar Isropil. (2023). Jenis Penelitian Eksperimen dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif dan Design Korelasional). Jurnal Pendidikan , 7(3), 27602–27605.

Purwanto, N. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Riyanto Yatim, 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC

Rizal Dalil, MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TIK, PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA, Volume 1, Nomor 1, Juni 2021

Salsabila, UH, Habiba, IS, Amanah, IL, Istiqomah, NA, & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi , 4 (2), 163-173..

Salsabila, Unik Hanifah, dkk. "Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA." Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi 4.2 (2020): 163-173.

SALSABILA, Unik Hanifah, dkk. Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi , 2020, 4.2: 163-173.

Sanjaya Wina, 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, dan Prosedur). Jakarta: Kencana

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2015. Statistika Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sukardi, 2022. Metode Penelitian Pendidikan

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Tanzeh Ahmad, 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Teti Ratnawulan, dkk, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, Volume 11, Nomor 2, 2024, Halaman 781 – 796

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiwin Rif'atul Fauziyati, Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 2, Nomor 1, (2024), Hal: 12-27

Yulia Syafrin, dkk, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Vol.2–No.1, Mei(2023),hal 72-77

Downloads

Published

2025-10-22